Rabu, 25 Januari 2023

KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan Ke 8

 Resume ke      : 8

Gelombang     : 28 

Tanggal           : 25 Januari 2023 

Tema               : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber    : Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator       : Bapak Sigid Purnomo, M.Pd

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam bahagia dan sehat selalu untuk kita semua.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah hirobbil alamiin saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat sehingga saya dapat mengikuti kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 bersama penulis-penulis hebat dan tim solid Omjay. Tidak terasa dengan berjalannya waktu belajar menulis sudah memasuki pertemuan ke 8. Kegiatan acara KBMN PGRI gelombang 28 malam hari ini dilakukan secara langsung melalui Zoom Meeting dengan link zoom https://telkomsel.zoom.us/j/95876525576 dan youtube https://youtu.be/Bl88ZvLxgq0. Dengan narasumber hebat yaitu Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. tepat pukul 19.00 WIB, dibuka dengan moderator Bapak Sigid Purnomo, M.Pd. alumni BM 23. Moderator memulai acara dengan menyapa para peserta KBMN gelombang 28 dan meminta berdoa sebelum memulai kegiatan acara malam ini. Moderator salah satu dari Tim Solid Omjay yang biasa disapa Bapak Sigid. Pada pertemuan kali ini kita membahas tema Komitmen Menulis di Blog dengan narasumber adalah Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si Seorang guru berprestasi dan sangat menginspirasi. 

Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M. Si adalah seorang guru blogger, beliau menuliskan di medsos Instagramnya bahwa beliau adalah pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetensi dan pemimpin. Beliau seorang guru matematika di SMKN 50 Jakarta. Beliau lahir di Jakarta, 28 Nopember 1964. Beliau seorang blogger fenomenal dan viral saat ini. Beliau mulai mengelola blog pada tahun 2005 dan pada tahun 2007 beralih ke wordpress.

Materi malam ini yaitu “ BAGAIMANA MENJAGA KOMITMEN MENGELOLA BLOG”

Materi malam ini yaitu "Bagaimana menjaga komitmen mengelola blog". Beliau menjelaskan blog dalam kurung (dari kata web log[1]) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan postingan terbaru sebelum diikuti postingan yang lebih lama meskipun demikian tidak selamanya situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, sedangkan komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu atau tindakan tertentu.  

Jika gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, maka blog bisa jadi media sesorang yang sangat bermanfaat dan menjadi peninggalan jejak kebaikan selama hidup, sebab blog akan terus dibaca oleh orang yang berkepentingan. Dan pahalanya akan terus mengalir mengantar pemiliknya menghadap Tuhan-Nya

Bagaimana cara menjaga komitmen menulis di blog? Menulis di blog merupakan komitmen menerbitkan konten dalam jangka waktu yang panjang dan ndilakukan secara rutin,  bisa setiap hari, setiap minggu,  setiap bulan dan sebagainya. Yang terpenting dalam menulis kita harus punya kemauan atau mood dapat yang ada di hati kita karena jika tidak punya kemauan atau mood yang pas di hati kita itu susah dan apabila kita sudah punya kemauan atau mood bagus tetapi tidak punya ide maka kita bisa berkunjung ke blog orang lain atau baca berita online atau mencari informasi yang lainnya dari medsos, kemudian ditulis satu alinea atau dua alinea kemudian baru dikembangkan.

Bagaimana membuat tulisan kita selalu ditunggu-tunggu oleh para pembaca, baik di blog pribadi maupun blog rame-rame? Usahakan kita membuat tulisan yang bermanfaat buat orang lain, maka orang akan menunggu tulisan kita untuk dimanfaatkan. contohnya seperti membuat resep makanan, resep minuman, resep kue,  bahan ajar, lagu, puisi, cerpen, tip dan trik apa saja yang menarik perhatian orang lain. Membayangkan apa yang ingin anda lihat di blog orang lain tersebut tuliskan saja tentang apa yang kita bayangkan saat itu.

Apakah kita dalam menulis di blog harus mengkhususkan diri dalam satu bidang tertentu atau boleh bidang lain? Karena blog itu milik sendiri maka postingan terserah kita sendiri artinya bebas kita dalam membuat berbagai macam tulisan sesuai keinginan kita.

Bagaimana agar kita selalu semangat berkomitmen untuk selalu menulis? Agar kita selalu menjaga semangat maka kita harus boleh menulis sambil mendengarkan lagu atau kita bisa membuat tulisan yang selalu dalam pikiran kita. Kuncinya kita harus menikmati saat menulis. 

Demikian resume yang saya buat hari ini, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih Bapak Dedi atas paparannya pada malam ini. 

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh





6 komentar:

Pertemuan Pertama KBMN 2 di Yogyakarta "Bagaimana Menulis Itu Mudah"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sehat selalu para penulis pegiat literasi hebat yang hadir secara langsung di kopdar atau ...