Rabu, 15 Maret 2023

“Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa ” KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan Ke 29


Resume ke      : 29

Gelombang     : 28 

Tanggal           : 15 Maret 2023 

Tema               : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber    : Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr

Moderator       : Ibu Gina Dwi Septiani, S.Pd, M.Pd 



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam bahagia dan sehat selalu untuk kita semua.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat sehingga saya masih dapat mengikuti kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 bersama penulis-penulis hebat dan tim solid Omjay. Tidak terasa kita sudah memasuki kegiatan belajar dengan  pertemuan ke 29 dari 30 pertemuan. Acara pada malam ini  tepat pukul 19.00 WIB acara di mulai. Moderator malam ini Ibu Gina Dwi Septiani, S.Pd, M.Pd dengan tema yang berjudul Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa. Dengan narasumber  Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr biasa di sapa Mr. Bams. Lahir di Bandung, 6 April 1974. S1 STMIK AMIK BANDUNG, Jurusan Sistem Informasi, 2013. Mr. Bams mengatakan kelas ini adalah kelas yang luar biasa. Kelas yang mengajak menulis dengan kecepatan tinggi. Bagi peserta yang kurang bisa beradaptasi, pastinya merasa keteteran. Setiap peserta disini tentunya menjadikan blog sebagai tempat untuk menyimpan tulisan-tulisan yang dibuat dan ditugaskan dalam kelas ini. Ijinkan saya berbagi pengalaman dalam memanfaatkan blog yang saya kelola. Blog atau web yang saya kelola adalah penamrbams.id. Beliau seorang guru TIK/Informatika di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate. 


Mr. Bams menampakan webblog yang di kelola, alhamdulillah sudah mendapatkan google adsense, walau belum bisa dicairkan karena belum memenuhi ketentuan yang berlaku. Batasnya adalah Rp. 1.300.000, sudah dua tahun belum sampai juga, tapi memang tujuannya bukan mencari cuan. Punya web ini salah satu cara :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Nah, sebelum kepada Refeksi Diri, ijinkan Mr. Bams mengenalkan tampilan ini di web, sebagai gerbang bagi murid yang belajar bersama Mr. Bams di SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate. 

Blog adalah salah satu media yang bisa digunakan siswa untuk melakukan dokumentasi refleksi diri. Menurut Mr. Bams, seorang pendidik yang juga seorang blogger, blog bisa menjadi sarana yang efektif bagi siswa untuk merefleksikan diri, mengekspresikan ide dan berbagi pengalaman dengan teman-teman mereka. Dengan memiliki sebuah blog, siswa dapat menuliskan pengalaman-pengalaman pribadi mereka dalam belajar, tugas-tugas yang mereka kerjakan, serta prestasi yang mereka raih. Hal ini akan membantu siswa untuk memahami diri mereka sendiri dan melihat perkembangan diri mereka dari waktu ke waktu. Selain itu, blog juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan ide-ide dan pandangan mereka secara bebas dan terbuka. Mereka bisa menulis tentang topik-topik yang mereka minati, menceritakan cerita atau pengalaman yang bermanfaat bagi orang lain, atau bahkan membuat konten-konten kreatif seperti video atau podcast. 

Siswa juga akan belajar tentang pentingnya berbagi pengalaman dan berkontribusi pada masyarakat. Dengan demikian blog bisa menjadi media yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan diri, meningkatkan kreativitas, dan memperluas jaringan sosial mereka. Selain itu, Mr. Bams juga memotivasi siswanya untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka melalui blog. Ia memberikan tugas-tugas menulis di blog dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Dengan cara ini, siswa terbiasa menulis Bagi saya sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan. Silahkan klik link https://penamrbams.id/refleksi-diri/     

Dengan pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua. Setelah siswa menjawab pertanyaan yang diberikan Mr.Bams data nanti akan masuk ke google spreadsheet, data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas, setelah diurutkan maka di copy kemudian di paste ke excel untuk diolah di excel itupun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali. Ada saja murid yang lupa tidak mengisi. Setelah diurutkan maka akan ketahuan murid absen berapa yang tidak mengisi. 

Setiap mengisi Mr.Bams berikan 10 poin, setiap minggunya di akumulasikan setelah diurutkan lanjutkan untuk copy ke blog, hanya memang kalau langsung dari excel hasilnya kurang rapi. Mr.Bams copy dulu ke word. Ini salah satu tulisan murid yang memberikan refleksi dirinya : Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. 

Kalau kita membaca tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan ini:

1. Materi yang dipejari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Persaan yang dirasakan oleh murid

4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Hal yang tanpa disadari oleh murid : mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia

Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun. Ajarkan mereka untuk diberikan kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu. 

Tahun - Tampilan

2020 - 65.660

2021 - 33.946

2022 - 131.791

2023 - 47.120

Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran secara rutin dapat memperbaiki keterampilan menulis mereka dari waktu ke waktu. Melalui pengajaran ini, Mr. Bams berharap siswa-siswanya dapat memanfaatkan blog sebagai media yang efektif untuk melakukan dokumentasi refleksi diri, mengembangkan keterampilan menulis, serta berbagi pengalaman dan inspirasi dengan orang lain. Ia berharap siswa-siswanya dapat menggunakan blog dengan bijak dan memperoleh manfaat yang maksimal dari media ini dalam proses belajar dan pengembangan diri mereka.

Demikian resume yang saya buat malam hari ini, terimakasih kepada Mr.Bams yang telah memberikan ilmunya semoga Mr.Bams  selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam bahagia dan sehat selalu untuk kita semua.


2 komentar:

Pertemuan Pertama KBMN 2 di Yogyakarta "Bagaimana Menulis Itu Mudah"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sehat selalu para penulis pegiat literasi hebat yang hadir secara langsung di kopdar atau ...