Senin, 03 Juli 2023

Pertemuan Pertama KBMN 2 di Yogyakarta "Bagaimana Menulis Itu Mudah"




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat selalu para penulis pegiat literasi hebat yang hadir secara langsung di kopdar atau temu penulis KBMN 2 di Jogya maupun yang virtual melalui zoom meeting. Alhamdulillah malam hari ini Senin, 3 Juli 2023 saya dapat mengikuti melalui zoom meeting untuk mendengarkan paparan materi yang disampaikan oleh narasumber Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim, M.Pd. Beliau seorang dosen di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 

Materi hari pertama yang berjudul Bagaimana menulis itu mudah. Menurut Prof Ngainun Naim agar kita dapat menulis dengan mudah sebenarnya kita harus niatkan dalam hati dan komitmen untuk menulis setiap hari seperti mantra ajib OmJay “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” disini jelas kalau kita memiliki niat yang sungguh-sungguh maka kita akan dapat mencapai apa yang kita inginkan. Dalam menulis kita harus luangkan waktu bukan menunggu waktu luang.

Menulis merupakan sebuah keterampilan yang bisa dipelajari dan dikuasai dengan latihan dan ketekunan yang sungguh-sungguh. Meskipun terkadang menulis terlihat sulit, membingungkan dan membuat tidak nyaman, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa menulis itu mudah.

Pertama, menulis memberikan kebebasan berekspresi. Ketika menulis, kita harus memiliki kendali penuh atas kata-kata yang digunakan dan ide yang disampaikan. Kita juga dapat mengekspresikan dengan pikiran, perasaan, dan gagasan dengan cara yang paling tepat dan autentik untuk diri kita sendiri. Selain itu, menulis adalah proses yang dapat dipecah menjadi langkah-langkah yang teratur. 

Dengan memiliki kerangka kerja yang jelas, mulai dari perencanaan, penulisan, hingga penyuntingan, menulis dapat menjadi lebih mudah. Dengan cara ini, kita dapat menghindari perasaan kebingungan dan melihat kemajuan yang nyata saat kita melangkah maju dalam menulis.

Selanjutnya kedua, menulis juga merupakan cara yang efektif untuk mengorganisir dan mengklarifikasi pemikiran. Ketika kita menulis, kita dihadapkan pada kesempatan untuk merumuskan dan merangkai ide secara sistematis. Proses ini membantu kita memperjelas gagasan dan memahami topik dengan lebih baik. Dengan menulis, kita juga dapat mengidentifikasi kelemahan dalam pemikiran kita sendiri dan meningkatkan pemahaman kita tentang suatu subjek.

Ketiga menulis adalah proses yang harus terus berkembang. Semakin sering kita berlatih menulis, semakin baik kita akan menjadi penulis. Setiap kali kita menulis, kita belajar sesuatu yang baru, baik itu tentang bahasa, penulisan yang lebih efektif atau tentang diri kita sendiri sebagai penulis. Melalui latihan yang konsisten, menulis akan menjadi lebih mudah seiring waktu.

Dalam kesimpulannya, meskipun menulis mungkin tampak menantang pada awalnya dengan latihan dan pendekatan yang tepat, menulis dapat menjadi lebih mudah. Kebebasan untuk berekspresi, pemikiran yang lebih jelas dan pertumbuhan yang berkelanjutan adalah faktor yang membuat menulis menjadi keterampilan yang bisa dimiliki dan dikuasai siapa saja yang memiliki niat yang kuat dalam menulis.

Terimakasih Prof Ngainun atas paparannya, semoga Prof selalu diberikan kesehatan dan ilmu yang Prof berikan bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Bekasi, 3 Juli 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan Pertama KBMN 2 di Yogyakarta "Bagaimana Menulis Itu Mudah"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sehat selalu para penulis pegiat literasi hebat yang hadir secara langsung di kopdar atau ...